Career

Catat! Bedanya CV dan Resume untuk Kerja

Di dalam dunia profesional, CV dan resume sering digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan diri kepada perusahaan. Namun, tahukahh bahwa kedua dokumen ini sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan? Mari kita bahas lebih lanjut tentang perbedaan antara CV dan resume.

  1. CV (Curriculum Vitae): Riwayat Hidup yang Mendalam

CV (Curriculum Vitae) adalah dokumen yang merinci riwayat hidup seseorang secara lengkap. Biasanya, CV mencakup informasi tentang pendidikan formal, pengalaman kerja, keterampilan, dan pencapaian profesional. CV sering digunakan dalam bidang akademis, penelitian, dan karier yang membutuhkan detail yang mendalam.

Dalam sebuah CV, GoodFren dapat mencantumkan semua pengalaman kerja yang relevan, publikasi, prestasi, serta kegiatan profesional lainnya. CV cenderung lebih panjang daripada resume dan dapat berisi beberapa halaman, tergantung pada tingkat pengalaman dan pencapaian yang dimiliki oleh individu tersebut.

  1. Resume: Ringkasan Singkat Tentang Kualifikasi dan Pengalaman

Sementara itu, resume adalah ringkasan singkat tentang kualifikasi, pengalaman kerja, dan keterampilan seseorang yang relevan dengan posisi yang dilamar. Resume biasanya lebih singkat dan lebih fokus daripada CV, dengan panjang rata-rata antara satu hingga dua halaman.

Resume sering digunakan dalam proses rekrutmen untuk posisi-posisi di sektor swasta, bisnis, dan industri lain yang membutuhkan informasi yang mudah dipahami dan disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perusahaan. Dalam sebuah resume, GoodFren perlu memilih informasi yang paling relevan dan menonjolkan kualifikasi serta pengalaman yang mendukung tujuan kariermu.

  1. Perbedaan Utama

Perbedaan utama antara CV dan resume terletak pada kedalaman informasi dan fokus penggunaannya. CV lebih mendalam dan terperinci, sementara resume lebih singkat dan fokus pada hal-hal yang paling relevan dengan posisi yang dilamar.

Dalam membangun karier, penting untuk mengetahui kapan GoodFren harus menggunakan CV dan kapan  harus menggunakan resume. Jika kamu melamar untuk posisi akademis, penelitian, atau karier yang membutuhkan detail yang mendalam, CV mungkin menjadi pilihan yang lebih sesuai. Namun, jika melamar untuk posisi di sektor swasta atau bisnis, resume mungkin lebih cocok untuk gunakan.

Jadi, itulah perbedaan antara CV dan resume. Dengan memahami perbedaan ini, GoodFren dapat lebih efektif dalam mempresentasikan diri kepada perusahaan yang dituju dan membangun karier yang sukses. Ingatlah untuk menyesuaikan dokumen sesuai dengan kebutuhan dan tujuan karier GoodFren.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *