Mental Awareness

Sadari 3 Tanda Kamu Highly Sensitive Person

Pernah enggak GoodFren merasa lebih peka terhadap lingkungan sekitar dibanding orang lain? Bisa jadi kamu adalah seorang Highly Sensitive Person (HSP). HSP adalah individu yang memiliki kepekaan emosional dan sensorik yang lebih tinggi daripada kebanyakan orang. Yuk, kita bahas tiga tanda yang bisa menunjukkan bahwa GoodFren mungkin seorang HSP!

  1. Mudah Terasa Overwhelm dengan Stimuli di Sekitar

Salah satu tanda utama dari HSP adalah mudah merasa kewalahan dengan berbagai stimulasi di sekitar. Entah itu suara bising, cahaya terang, atau keramaian, HSP cenderung lebih cepat merasa lelah dan stres dalam situasi tersebut.

  • Suara Bising: Jika GoodFren sering merasa terganggu dengan suara keras atau ramai, seperti suara TV yang terlalu kencang atau keramaian di pesta, ini bisa jadi salah satu tanda.
  • Cahaya Terang: Lampu neon yang terang atau sinar matahari yang terlalu silau bisa membuatmu merasa tidak nyaman.
  • Keramaian: Berada di tempat yang ramai, seperti mal atau konser, bisa membuatmu cepat merasa lelah dan ingin segera pulang.

Jika kamu sering merasa seperti ini, ada kemungkinan besar kamu adalah seorang HSP. 

  1. Punya Intuisi dan Empati yang Tinggi

HSP biasanya memiliki intuisi yang kuat dan kemampuan empati yang luar biasa. GoodFren mungkin sering merasakan apa yang dirasakan orang lain atau punya firasat yang seringkali benar.

  • Merasakan Emosi Orang Lain: Jika kamu bisa merasakan suasana hati orang lain hanya dengan melihat ekspresi wajah atau mendengar nada suaranya, ini adalah tanda jelas GoodFren memiliki empati yang tinggi.
  • Intuisi Kuat: Kamu mungkin sering mendapatkan firasat tentang sesuatu yang akan terjadi atau merasakan ada sesuatu yang salah meski belum ada bukti nyata.

Kelebihan ini memang luar biasa, tapi bisa membuatmu merasa kewalahan jika tidak dikelola dengan baik. Belajar memahami dan mengelola empati serta intuisi bisa sangat membantu dalam menjalani hari-harimu.

  1. Lebih Suka Kesendirian dan Waktu Tenang

HSP cenderung membutuhkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri dan suasana yang tenang. Ini penting untuk mengisi ulang energi setelah terpapar banyak stimulasi dari lingkungan.

  • Waktu Sendiri: Kamu mungkin lebih menikmati waktu sendiri untuk membaca buku, menulis jurnal, atau sekadar merenung.
  • Suasana Tenang: Tempat-tempat yang tenang dan damai seperti taman, pantai, atau kamar yang nyaman adalah tempat favoritmu untuk bersantai.

Kesendirian dan ketenangan adalah kunci untuk menjaga keseimbangan emosional dan mental bagi HSP. Jangan merasa bersalah untuk mengambil waktu untuk diri sendiri, karena ini adalah kebutuhan penting bagi kesehatanmu.

Mengenali tanda-tanda sebagai seorang Highly Sensitive Person (HSP) bisa membantumu lebih memahami diri sendiri dan cara terbaik untuk merawat kesejahteraan emosionalmu. Jika kamu mudah merasa kewalahan dengan stimuli, memiliki intuisi dan empati yang tinggi, serta menikmati waktu tenang dan kesendirian, ada kemungkinan besar kamu adalah seorang HSP.

Menjadi HSP bukanlah kelemahan, melainkan sebuah kekuatan yang unik. Dengan memahami dan menerima kepekaanmu, kamu bisa belajar mengelolanya dengan baik dan menemukan kebahagiaan dalam keseharianmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *